Mesjid Raya Bandung

Mesjid Raya Bandung
Mesjid Raya Bandung
Masjid Raya Bandung Propinsi Jawa Barat, yang dahulu di kenal dengan nama Masjid Agung Bandung yaitu masjid yang ada di Kota Bandung, Jawa Barat. Status masjid ini yaitu juga sebagai masjid propinsi untuk Jawa Barat. Masjid ini pertama di bangun th. 1810, serta mulai sejak didirikannya, Masjid Agung sudah alami delapan kali perombakan pada era ke-19, lalu lima kali pada era 20 hingga pada akhirnya direnovasi lagi pada th. 2001 hingga sampai peresmian Masjid Raya Bandung 4 Juni 2003 yang diresmikan oleh Gubernur Jawa barat waktu itu, H. R. Nuriana. Masjid baru ini, yang bercorak Arab, menukar Masjid Agung yang lama, yang bercorak khas Sunda.

Mesjid Raya Bandung
Mesjid Raya Bandung
Masjid Raya Bandung, seperti yang kita saksikan saat ini, ada dua menara kembar di segi kiri serta kanan masjid setinggi 81 mtr. yang senantiasa di buka untuk wisatawan Bandung City Tour atau umum sehari-hari Sabtu serta Minggu. Atap masjid ditukar dari atap joglo jadi satu kubah besar pada atap tengah serta yang lebih kecil pada atap kiri-kanan masjid dan dinding masjid terbuat dari batu alam kwalitas tinggi. Saat ini luas tanah seluruh masjid yaitu 23. 448 m² dengan luas bangunan 8. 575 m² serta bisa menyimpan seputar 13. 000 jamaah. Diluar itu, juga lakukan syuting Video Klip Pandai Ngaos oleh Putih Bau Bau.

Mesjid Raya Bandung
Mesjid Raya Bandung
Bangunan yang usai direnovasi pada th. 2004 ini yaitu mesjid paling utama di kota Bandung. Masjid Raya Bandung mempunyai dua menara setinggi 81 mtr.. Awal mulanya perancang mesjid ini akan bangun dua menara setinggi 99 mtr. (dengan argumen angka yang agamis), namun lantaran Bandar Hawa Hussein Sastranegara ada dekat tempat Mesjid Raya, gagasan pembangunan menara setinggi itu tak memperoleh ijin dari pemerintah setempat (lantaran argumen keselamatan penerbangan).
Kemegahan Masjid Agung Bandung saat itu hingga di-abadikan dalam lukisan pelukis Inggris bernama W Spreat pada th. 1852. Dari lukisan itu, tampak atap limas besar bersusun tiga tinggi menjulang serta mayarakat menyebutnya dengan sebutan bale nyungcung. Lalu bangunan masjid kembali alami pergantian pada th. 1875 dengan menambahkan pondasi serta pagar tembok yang melingkari masjid.

Mesjid Raya Bandung
Mesjid Raya Bandung
Bersamaan perubahan zaman, orang-orang Bandung jadikan masjid ini juga sebagai pusat aktivitas keagamaan yang melibatkan banyak umat seperti pengajian, perayaan Muludan, Rajaban atau mungkin peringatan hari besar Islam lain bahkan juga dipakai juga sebagai tempat dilangsungkan akad nikah. Hingga pada th. 1900 untuk melengkapinya beberapa pergantian juga dikerjakan seperti pembuatan mihrab serta pawestren (teras di samping kiri serta kanan).


menara mesjid raya
Menara Mesjid Raya
Anda bisa berkunjung ke satu diantara menara Masjid Raya Bandung dengan cost masuk Rp. 2. 000.
Jam operasional : pk. 9 : 00-17 : 00. Dengan memakai lift, Anda bakal diantar oleh pegawai yang bertugas disana sampai ke puncak menara.

Untuk mengunjungi wisata ke Masjid Raya Bandung seperti di atas, kami sediakan service transportasi atau anda dapat menghubungi kami di alamat :

PT. TJP Seratour

Jl. Juanda 477
Bandung 40135
Office : 022-2535898
Irma : 0817613152/081221270000
BBM invite by E-mail : irma.rahmawati.wiyono@gmail.com
Jhon Wiyono : 0818220650/085722203000
BBM invite by E-mail : jhonwieyono@gmail.com
www.seratour.com www.buswisatabandung.com

0 Response to "Mesjid Raya Bandung"